Literatur Pemrograman Multimedia

Posted: March 4, 2010 in P.Multimedia
Tags: ,

Literatur tentang Pemrograman Multimedia adalah sebagai berikut :

  1. Sumber berupa Textbook

URL :

http://books.google.co.id/books?id=3uAMIBpFfoUC&pg=PA103&dq=pemrograman+multimedia&cd=1#v=onepage&q=pemrograman%20multimedia&f=false

Judul    Buku   : Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing

Penulis              : M.Suyanto (Amikom, Yogyakarta)

http://elista.akprind.ac.id/staff/catur/Sistem%20Multimedia/11-Distribusi%20Multimedia.pdf

2. Sumber berupa slide presentasi

URL :

www.e-dukasi.net/sosialisasi/files/Multimedia/Multimedia.ppt

http://eri.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5145/objekmulti.ppt

http://elista.akprind.ac.id/staff/catur/SIJK/2009/00-Pendahuluan.ppt

3. Sumber berupa artikel di jurnal / proseding

URL :

http://v3.juhara.com/id/artikel/pemrograman-multimedia

http://rosni-gj.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9629/multimedia+def.doc

http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia

http://www.masaguz.com/search/Jurnal+UI

4. Contoh Kasus dan Solusi tentang Pemrograman Multimedia

Masalah Streaming Multimedia

Dalam melakukan streaming multimedia, untuk menghasilkan presentasi yang baik seringkali timbul kendala. Kendala-kendala yang dapat terjadi dalam melakukan streaming multimedia adalah sebagai berikut:

1. Bandwidth

Bandwidth sangat berpengaruh terhadap kualitas presentasi suatu data stream. Di samping kondisi jaringan juga mempengaruhi bandwidth, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran data stream harus sesuai dengan kapasitas bandwidth jaringan. Untuk mengatasinya digunakan kompresi data dan penggunaan buffer.

2. Sinkronisasi dan delay

Agar media yang berbeda sampai dan dipresentasikan pada user seperti aslinya, maka media tersebut harus tersinkronisasikan sesuai dengan timeline presentasi tersebut dan delay seminimal mungkin. Adanya kerugian sinkronisasi dan delay dapat disebabkan oleh kondisi jaringan yang buruk, sehingga mengakibatkan timeline presentasi menjadi kacau.

3. Interoperability

Idealnya adalah presentasi yang kita buat harus dapat dimainkan oleh semua jenis client, CPU yang berbeda, sistem operasi yang berbeda, dan media player lainnya. Khusus untuk masalah yang berhubungan dengan kondisi bandwidth jaringan dapat diatasi dengan menerapkan teknologi 3G. Teknologi ini dapat menyediakan lintasan data dengan kecepatan transfer yang tinggi.

SOLUSI

Dengan menerapkan teknologi 3G diharapkan mampu menyelenggarakan video streaming dengan kualitas yang baik sekaligus menjadi alternatif untuk melakukan berbagai macam aplikasi seperti TV on demand, live TV, maupun belajar jarak jauh (e-learning).

Sumber :

http://mustikaweb.com/shoutcast-hosting/artikel/88-masalah-streaming-multimedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s